MASIGNCLEAN103

Tips Tetap Bugar Selama Liburan

Tips Tetap Bugar Selama Liburan


Olahraga tetap sangat mungkin rutin dilakukan saat liburan. Bahkan jika Anda sedang dalam perjalanan tamasya bersama keluarga. Meski terikat dengan jadwal padat, liburan bukan alasan bagi Anda absen olahraga.
Anda sebaiknya tetap mengatur waktu untuk berolahraga bersama, terutama dengan anak-anak. Sebab, kebiasaan mager saat liburan panjang dapat menjadi salah satu faktor yang meningkatkan risiko obesitas pada anak. Yuk, simak beragam tips olahraga yang mudah diterapkan agar Anda sekeluarga tetap bisa aktif saat liburan.

Apa saja jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan saat liburan?

Ada beberapa pilihan olahraga yang masih bisa dilakukan saat liburan bersama keluarga. Beberapa di antaranya bahkan mungkin tidak terasa seperti olahraga, sehingga anak mungkin semangat untuk turut serta.. Ulasan di bawah ini sekaligus membahas tips dalam melakukannya. 

Jalan kaki

Anda bisa mengajak keluarga berjalan kaki setelah makan malam. Jalan kaki santai membantu membakar kalori dan mencegahperut Anda terasa begah setelah makan.
Tak perlu terlalu lama atau terlalu jauh dari rumah maupun tempat penginapan. Namun, pastikan Anda sekeluarga memakai sepatu olahraga yang tepat. Anda pun bisa mendorong stroller untuk membawa anak Anda yang masih bayi atau balita. 

Main gim

Anda tidak perlu susah payah membujuk anak Anda untuk berolahraga. Jika anak sedang asyik bermain gim konsol, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bergabung bersama mereka. 
Suasana liburan akan semakin menyenangkan jika Anda sekeluarga bermain bersama, terutama permainan yang membutuhkan gerakan fisik. Anggaplah kegiatan itu sebagai olahraga saat liburan.
Pilihlah permainan yang berbau olahraga, seperti “Bowling” atau “Just Dance”. 

Mendaki

Jika panas matahari tak terlalu menusuk kulit, ajak anggota keluarga Anda mendaki bersama sebagai pilihan olahraga saat liburan di luar kota. Kegiatan ini selalu menyenangkan dan membangkitkan adrenalin, terlebih jika dilakukan bersama. 
Jika Anda bepergian bersama bayi atau balita, Anda mungkin memerlukan ransel bayi dengan pelindung matahari dan kantong botol air. Anda bisa menggendong si kecil di ransel tersebut sambil menikmati perjalanan mendaki dengan gembira.  

Yoga

Jika Anda dan keluarga tidak terlalu suka aktivitas di luar ruangan, yoga adalah pilihan yang tepat. Banyak studio olahraga yang memungkinkan Anda berolahraga bersama keluarga atau pasangan. Anda juga bisa melakukan yoga dengan mengikuti gerakan di DVD atau YouTube. 

Surfing

Bermain di pantai tentu menyenangkan jika dilakukan bersama keluarga dan orang tercinta. Kegiatan olahraga saat liburan di pantai pun seakan tak terbatas jenisnya, termasuk surfing (berselancar). 
Surfing atau berselancar memang tidak mudah dilakukan, tapi kegiatan ini akan membangkitkan jiwa petualang Anda dan keluarga.
Bayangkan Anda dan pasangan berselancar bersama, sedangkan anak-anak Anda tertawa sambil bermain air. Menyenangkan bukan? 

Tips agar tetap rajin olahraga saat liburan

Selain beberapa hal yang telah disebutkan, berikut tips umum untuk olahraga saat liburan:

Bawa perlengkapan olahraga

Anda sebaiknya membawa perlengkapan olahraga ke destinasi wisata yang akan Anda kunjungi. Perhatikan juga barang olahraga untuk pasangan dan anak Anda. Barang-barang tersebut di antaranya:
  • Sepatu atletik
  • Baju olahraga
  • Baju renang
  • Lompat tali
  • Matras yoga

Persiapan

Ketika Anda dan keluarga tiba di lokasi liburan, mulailah dengan olahraga ringan, seperti jalan kaki untuk memeriksa keadaan. Jika tidak memungkinkan, jadwalkan di hari lain dan jadikan hal itu sebagai kegiatan wajib dalam liburan. 

Jangan memaksakan keadaan

Jika Anda dan keluarga mengalami kelelahan atau bahkan jetlag setelah menempuh perjalanan jauh menuju lokasi liburan, jangan memaksakan diri untuk berolahraga. Perjalanan bisa mengganggu jadwal tidur dan makan Anda. Karena itu, tentukan waktu terbaik untuk berolahraga demi kebugaran Anda sekeluarga. 
Share This :